Kamis, Desember 18, 2008

Back up SMS dan MMS ke alamat email gmail

Ponsel yang tergolong barang pribadi lazim berisi file-file pribadi pula. SMS misalnya, yang buat sebagian orang menyimpan info yang sangat penting. Banyak hal yang bersifat rahasia dan perlu untuk disimpan dengan baik masalahnya jika ponsel tersebut hilang atau rusak, tak ada harapan untuk menarik kembali file-file penting tadi kecuali anda rajin membuat cadangan diPC ditempat lain. Fitur ini sudah disediakan oleh pihak pabrikan melalui modus sinkronisasi, sayangnya tidak setiap saat kita berada di depan komputer. Untuk itu diperlukan cara yang lebih simple dan aman, satu-satunya dengan cara mem-back up kealamat surat elektronik (email) anda. Cara ini sudah dibuat dengan mudah lewat aplikasi buatan Psiloc yang diberi nama GSynch atau Gmail Synch. Jadi SMS dan MMS anda bisa secara periodik dikirim melalui alamat email khususnya yang menggunakan account email Gmail. Lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut

-Langkah 1
Seperti biasa, download aplikasinya dan install diponsel anda. Sayangnya aplikasi ini baru tersedia untuk ponsel Symbian 3rd edition, jadi bagi anda pengguna ponsel Java atau Symbian v.2rd dan v.1st harus rela gigit jari. Untuk mendownload GSynch klik disini Aplikasi ini termasuk aplikasi Free Ware.

-Langkah 2
Sekarang anda masuk kemenu setting, untuk menyesuaikan account email dan beberapa pilihan layanan. Settingan pertama isi alamat email (Gmail) anda, menu ini ada di pilihan Gmail. Settingan berikutnya, masuk kemenu Connection. Pilih akses point atau jalur akses sesuai dengan operator yang anda gunakan, lakukan juga hal yang sama untuk penyettingan MMS. Kemudian, atur jadwal yang diinginkan, per 1 hari (24jam), 12 jam atau segera mungkin (Imadiately). Nah untuk menjajal langsung, pilih Synchronize Jika langkah-langkah penyettingan anda benar, maka hasil diatas log-nya menunjukan kata success. Selanjutnya, tentukan pesan SMS yang akan disinkronkan. Sebagai contoh, SMS masuk saja, SMS keluar saja, atau semuanya. Jika semua pilih Yes disetiap kolom menu-nya. Nah, itulah sekelumit dunia ponsel yang dimana kita bisa memanfaatkanya untuk kepentingan dan kebutuhan kita.

Tidak ada komentar: