Kamis, Desember 18, 2008

Amankan data dalam ponsel dari tangan yang tidak bertanggung jawab

Memang pada faktanya sekarang ponsel bukan lagi sebatas alat komunikasi semata. Namun, juga asisten pribadi sekaligus media penyimpanan data yang berharga milik penggunanya. Bisa nomor rekening Bank, PIN ATM, Password Komputer, daftar nomor telepon relasi hingga files penting lain yang sifatnya pribadi semisal SMS , Foto dan rekaman Video atau Voice. Alhasil, masuk akal kiranya jika seseorang berpendapat jika isi atau konten di dalam ponsel jauh lebih berharga ketimbang nilai ponsel itu sendiri. Bercermin dari hal tersebut, selain di tuntut meningkatkan sikap waspada dan hati-hati, di perlukan juga bantuan ringan untuk memprokteksi ponsel bila mana ponsel hilang atau dicuri orang. Bagi pemilik ponsel Symbian S60 3rd edition, anda bisa mencoba aplikasi sakti bernama "SecureMe". Software bikinan Killer Mobile ini mampu bertindak sebagai pengaman data sekaligus pelacak ponsel. Jadi jika ponsel hilang kemudian diisi dengan SIM Card baru, maka secara otomatis SecureMe bakal bisa menyembunyikan daftar kontak (phonebook), files gambar, video, lagu (sound) hingga melenyapkan isi SMS. Tak hanya itu, nomor SIM Card baru itupun akan mengirimkan notifikasi kenomor anda yang lainya, tentu saja yang telah di set terlebih dahulu. Termasuk pula nomor tujuan SMS dan telpon yang di lakukan ponsel curian tadi. Anda tertarik untuk mencobanya? Ikuti langkah-langkah berikut :

-Langkah 1:
Download SecureMe klik disini Aplikasi ini versinya masih trial, dengan masa coba-coba 14 hari. Bila sudah terdownload install di ponsel anda.

-Langkah 2:
Tahap instalasi berlanjut sampai jendela aplikasi SecureMe. Diawal akan ada notifikasi otomatisasi atau autorun aplikasi ini jika ponsel restart (reboot). Untuk kinerja SecureMe pilihlah "Yes"

-Langkah 3:Untuk menuju settingan selanjutnya, tekan tombol navigasi kekanan. Pada jendela Sim Changed, atur komposisi seperti berikut:
"Sim Change Attack" in Enabled untuk mengaktifkan pengamanan kala SIM card diganti demgan baru. Selanjutnya pilih settingan lanjutan bila SIM Card terganti. Hide Memory =>Enabled (menyembunyikan isi memory card); Delete SMS =>Enabled (menghapus data SMS); Lock Scree Keypad =>Enabled (megunci keypad display (blank)). Juga, menyembunyikan nomor phonebook, image, video dan sound.
•"SIM Attack" diisi angka (menit) untuk aktifnya "kerja" sejak aplikasi SIM Card terganti

-Langkah 4:
Geser navigasi kekanan untuk setting lanjutan. Ada "Secondary Number" yakni nomor-nomor alternative yang ada untuk tujuan pesan notifikasi yang dikirimkan SIM Card baru ponsel tercuri. Bisa diisi manual ataupun lewat data phonebook

-Langkah 5:
Pada menu pengaturan selanjutnya "setting" yakni pengaktifan pengiriman info Cell BTS dan interval waktunya. Juga, aktifasi visualisasi saat fitur keypad dan display dilocked. Termasuk pula pengaktifan pengiriman info nomor tujuan SMS dan telpon dari SIM card milik pencuri. Pada kolom password isi sesuai selera. Pastika mudah di hapal mengingat password ini sangat penting saat menonaktifkan "Sim Change Attack" SecureMe

-Langkah 6:
Pada menu settingan selanjutnya berisi nomor SIM terpasang (kode 16 digit nomor belakang SIM Card). Nah, bila settingan telah selesai pada halaman setting klik "Done" Lalu pilih "Hide" Untuk mengaktifkan aplikasi dibawah system. Untuk merubah pengaturan atau menonaktifkan aplikasi serta membangkitkan file tersembunyi (restore), pada posisi standby ketik kode password di awali dengan tanda pagar (#). Untuk restore pilih option Restore Content. Aplikasi ini berjalan dibawah system dan tak memiliki tampilan Icon. Jadi tak mudah terdeteksi. Hanya, bila fungsi restore di aktifkan tak semua data bisa kembali sempurna semisal phonebook. Untuk SMS terhapus malah tak bisa dimunculkan kembali. Yang jelas, aplikasi ini sangat membantu dalam mengamankan data privasi anda dari tangan yang tidak bertanggung jawab.

Tidak ada komentar: