Senin, Juni 04, 2018

Menentukan eMMC/eMCP Yang Masih Layak Pakai

Sering kali pada saat kita (teknisi ponsel) melakukan penggantian eMMC lebih tepatnya eMCP khususnya eMCP BGA162 ketemu dengan persoalan setelah diganti emmc malah ponsel malah jadi mati total diflashing pun tidak bisa padahal sebelum eMCP dipasang telah diisi file terlebih dulu dan pengisian file dengan box emmc pun lancar eMCP pun terdeteksi normal bahkan diFFU alias update firmware eMCP pun lancar jaya. Logikanya seharusnya ini HP nyala tetapi kenyataannya tidak nyala, eMCP bolak-balik pasang ke HP lain pun hasilnya sama HP tidak mau nyala dan juga tidak dapat diflashing.
Usut punya usut ternyata sering kali kita lupa bahwa di eMCP terdapat 2 blok berbeda yaitu blok storage (memory) dan blok RAM, nah bagian yg terdeteksi oleh box-box emmc adalah bagian blok storage (memory) dan bagian controller saja sedangkan bagian atau blok RAM tidak tersentuh sama sekali. Dari sini kita dapat kesimpulan sederhana yaitu storage (memory) boleh normal tapi RAM kita tidak pernah tau sedangkang HP untuk dapat menyala saja butuh keduanya dalam keadaan normal.
Jadi dari kasus diatas bisa disimpulkan bahwa blok RAM pada eMCP bermasalah sehingga hp mati dan tak dapat diflashing.

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana caranya kita dapat menentukan bahwa sebuah eMCP masih layak pakai atau sudah usang (zonk)???
Sedangkan kita tahu eMMC atau eMCP yang kita beli statusnya adalah cabutan dari HP yang tidak kita ketahui simple nya sih eMMC second, tapi meskipun statusnya second kwalitas masih tetap OK alias layak pakai hanya ada beberapa saja yang terkadang kita temui kwalitasnya yang sudah buruk.

Cara sederhanya untuk menentukan eMMC/eMCP masih layak pakai adalah sebagai berikut
Lakukan inject tegangan 1.8V menggunakan Power Suply (PS) pada 2 pin yang dikotakin seperti pada gambar.
eMCP Tidak Normal
Jika disalah satu pin saat diinject tegangan 1.8V menunjukan amper naik yang lumayan tinggi, biasanya atau pada umumnya yang sudah saya temui amper naik pada 0.1A atau lebih berarti bisa dipastikan eMCP tersebut sudah tak layak pakai walaupun jika ditest box menggunakan box emmc, emmc tersebut terdeteksi dengan normal dan bisa update FFU tetapi saat dipasangkan ke HP yang hendak diganti eMCP bisa dipastikan HP tidak akan menyala.
eMCP normal
Jika dikedua pin yang ditandai diinject tegangan 1.8V dengan PS tidak menunjukan kenaikan amper yang signifikan, biasanya atau umumnya amper hanya akan naik sangat kecil hanya skiatar 0.01A


SELAMAT MENCOBA
SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar: