Selasa, Juni 05, 2018

Cara Memperbaiki NVRAM WARNING: ERR 0x10 pada SoC MTK

Pernahkah anda melihat kalimat ini "NVRAM WARNING: ERR 0x10" pada menu daftar pilihan wifi??

Sudah pasti sebagai teknisi Ponsel pernah ketemu atau melihat kalimat tersebut terutama pada chipset  atau SoC Mediatek (MTK) Helio X10 keatas, terkadang ketemu juga pada chipset MTK versi lama tapi hanya sedikit.
Kenapa muncul kalimat tersebut pada daftar pilihan wifi?
Karena bagian partisi NVRAM pernah terhapus entah itu disengaja atau tidak disengaja.
Lalu apa sih NVRAM it?
NVRAM adalah partisi yang menyimpan IMEI, MEID, Nomor Seri, MAC Address Wifi dan Configurasi yang berhubungan dengan penyedia layanan telekomunikasi (operator) guna untuk regestrasi jaringan.
Salah satu penyebab terhapusnya partisi NVRAM adalah ketika melakukan flashing menggunakan SPFlashTool dengan memilih opsi flashing "Format All + Download" atau "Firmware Upgrade".
Kedua opsi flash ini sama-sama akan mem-format (menghapus) semua partisi yang ada dalam eMMC dan jika partisi NVRAM terhapus maka dari IMEI sampai configurasi operator akan hilang.
Dari sini lah penyebab munculnya "NVRAM WARNING: ERR 0x10" dikarenakan MAC Address Wifi hilang dan kita lupa ketika repair IMEI kita tidak merepair MAC Address Wifi-nya juga.

Sekarang bagaimana caranya agar pada saat merepair IMEI sekaligus merepair MAC Address Wifi, berikut adalah cara nya
Wajib menggunakan UFI karena penulis menggunakan UFI BOX dan menggunakan UFI Versi 442 pada saat thread ini dipraktekan.
Disarankan pada kolom IMEI tulis sesuai IMEI asli dari HP-nya
Masukan file "Modem Database" pilih file-nya yang atas seperti pada gambar atau yang nama file-nya lebih pendek

"MDDB.META_MT6797_S00_MOLY_LR11_W1603_MD_MP_V13_18_P50_1_ulwctg_n.EDB"

Lalu masukan juga file "AP Database" pilih file yang nama file-nya lebih pendek juga lebih tepatnya nama file yang Tanpa "ENUM" karena yang sudah-sudah jika menggunakan file yang ada "ENUM" nya tidak berhasil meskipun log pada ufi statusnya sukses.

"APDB_MT6797_S01_alps-mp-m0.mp9_W16.36"

Dan ini-lah hasilnya yang telah diterapkan pada Xiaomi Redmi Pro dengan SoC Helio X20 (MT6797). MAC Address Wifi sesuai seperti yang ada pada log ufi gambar diatas
"NVRAM WARNING: ERR 0x10" pun telah hilang dari menu daftar pilihan wifi

Cara lain yang dapat digunakan untuk menghilang "NVRAM WARNING: ERR 0x10" adalah dengan cara write nvram.bin hasil dari readback HP normal dengan chipset yang sama atau hasil readback dari HP itu sendiri ketika belum diformat.
Tetapi cara ini sering kali terhalang oleh masalah security, jadi cara write nvram.bin hanya bisa diterapkan pada chipset MTK model lama atau chipset MTK dengan Low security.

SELAMAT MENCOBA
SEMOGA BERHASIL

Tidak ada komentar: